Kodim 0617/Majalengka Panen Padi Perdana Program Cetak Sawah Baru

    Kodim 0617/Majalengka Panen Padi Perdana Program Cetak Sawah Baru

    KABUPATEN MAJALENGKA - Kodim 0617/Majalengka, melakukan panen padi perdana di lahan sawah yang baru dicetak di Dusun Banggala, Desa Palasah, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Kamis (24/3/2022).

    Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto melalui Danramil 1715/Kertajati, Kapten Inf Maman mengatakan, hasil panen padi perdananya di cetak sawah baru seluas satu hektare tersebut, menghasilkan 8, 8 ton padi basah.

    "Namun, berdasarkan hasil perhitungan UBIN. Jika kondisi padi tersebut sudah dalam keadaan kering atau siap giling, maka diperkirakan akan menghasilkan 7, 6 ton per hektarnya, " kata Kapten Inf Maman.

    Menurut danramil, bahwa panen perdana di cetak sawah baru tersebut, merupakan tanaman padi jenis inpari 32. "Alhamdulilah, kami bersyukur panen perdana sekarang ini melimpah, " katanya.

    Dia menjelaskan, bahwa panen padi perdana yang dilaksanakan oleh koramil 1715/Kertajati bersama warga masyarakat Banggala tersebut, bisa menambah nilai produksi dan pendapatan para petani di Kabupaten Majalengka.

    Ia pun mengimbau kepada masyarakat supaya jangan kehilangan lahan sawah meskipun di tengah gencarnya alih fungsi lahan terutama untuk pemukiman baru dan pabrik serta berbagai industri lainnya.

    "Kita harus mampu cetak sawah lagi dan terus berlanjut. Diharapkan dapat mengantisipasi penurunan luas lahan sawah produktif di Kabupaten Majalengka, " ucapnya.

    Danramil menambahkan, bahwa cetak sawah baru di lahan milik TNI AD tersebut, merupakan salah satu program Kodim 0617/Majalengka sebagai Implementasi dari perintah harian KSAD.

    Dimana TNI AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi. Sehingga tindakan-tindakan yang dilakukan berdampak terhadap kesejahteraan rakyat.

    "Cetak sawah baru yang saat ini kita laksanakan panen perdananya tersebut, juga sekaligus sebagai antisipasi alih fungsi lahan yang sangat signifikan di Kota berjuluk Angin ini, " jelasnya. 

    Lantaran, ditegaskan dia, bahwa Kabupaten Majalengka yang merupakan Jawa Barat bagian timur tersebut akan menjadi kota metropolitan dengan hadirnya BIJB Kertajati dan jalan tol Cipali serta Cisamdawu dan pembangunan Polman maupun berbagai pembangunan lainnya, " jelasnya. (*)

    Kabupaten Majalengka Korem 063/SGJ Jawa Barat
    Agus Subekti

    Agus Subekti

    Artikel Sebelumnya

    Ratusan Botol Miras Disita Sat Narkoba Polres...

    Artikel Berikutnya

    Kuatkan Tata Kelola di Sekolah, KID dan...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Polresta Cirebon Gelar Coffee Morning Bersama Forkopimda Kabupaten Cirebon
    Tony Rosyid: Ikut Pilgub Jakarta, Anies Disambut Antusias Para Pendukungnya
    Bakamla RI Persiapkan Patroli Terkoordinasi "Operasi Gannet-8"
    Agar Berjalan Dengan Lancar Dan Tertib, Babinsa Koramil 1710-02/Timika Pantau Dan Monitoring Kegiatan Pasar Murah

    Ikuti Kami